Rio Haryanto
Formula 1

Hari ini (Rabu/24/2/2016) pembalap muda kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto menurut rencana akan memulai kiprah perdananya di lintasan balap paling bergengsi dunia, Formula Satu. Pembalap berusia 23 tahun itu telah dijadwalkan akan melakoni sesi tes tunggangannya pada hari keempat tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Sebelumnya seperti telah diberitakan oleh sejumlah media internasional, Rio sebenarnya melakukan tes perdananya di lintasan F1 pada hari Selasa, 23 Februari 2016 kemarin, namun pihak Manor Racing, team yang menaunginya memutuskan jadwal Rio ditunda satu hari atas dasar efisiensi waktu dan pertimbangan teknis lainnya.

Rekan setim Rio, Pascal Wehrlein telah terlebih dahulu melakukan sesi tes kemarin dan berhasil menempati urutan 8 pada hari pertama dan 9 dihari keduanya. Tentu saja Manor berharap Rio dapat berbuat lebih dibanding calon duetnya tersebut.

Rio akan menjajal sejumlah nama besar di lintasan balap Formula One yang jugaikut turun di hari ketiga sesi tes diantaranya Kimi Raikonnen bersama mobil Ferrai nya, duo Mercedes Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, Felipe Massa (William), Kevin Magnussen (Renault), Felipe Nasr (Sauber), Jenson Button (McLaren), Romain Grosjean (Haas), Daniil Kvyat (Red Bull) serta Carlos Sainz dari team Toro Rosso.

Pembalap Indonesia ini akan menggunakan mobil terbaru milik Manor yakni MRT05 yang diklaim oleh team mekanik Manor Racing sebagai mobil terbaik yang pernah mereka keluarkan. Tak kurang dari Technical Director, John Mcquilliam serta Racing Director Manor Racing, Dave Ryan menyebut inilah kendaraan impian semua pembalap di dunia.

MRT05 dipersenjatai mesin buatan Mercedes Benz High Performance Powertrain bernomor seri PU106C Hybrid. Mesin jet darat memiliki kapasitas 1.6L berkonfigurasi 6 silinder V6 dengan sudut kemiringan 90 derajat didukung torbo injection.

Sesuai dengan regulasi dari F1. mesin ini juga dilengkapi motor elektrik generator unit yang akan menambah daya dari mesin bahan bakarnya yang disebut mampu menembus 750 hingga 850 horse power pada putaran mesin 15000 rpm.

MRT05 juga dilengkapi dua komponen produksi Williams yakni suspensi belakang serta gearboks semi otomotasi dengan 8 tingkat percepatan. Komponen tersebut dipadukan dengan chassis buatan Manor yang berbahan dasar komposit karbon serta struktur penyangga model honeycomb alias sarang tawon. Mobil balap ini memiliki bobot yang cukup ringan yakni hanya sebesar 750 kg sementara dimensinya adalah panjang 500 cm, lebar 179 cm serta tinggi 37 centimeter.

Tunggangan Rio Haryanto ini tampak mencolok diantara deretan mobil F1 lainnya karena penggunaan warna yang cukup unik dengan dominasi warna oranye serta biru ditambah garis hitam dan putih. Bagi masyarakat Indonesia, corak tersebut tentu akan mengingatkan pada sosok Metro Mini, kendaraan angkutan umum legendaris warga Jakarta yang juga memiliki kombinasi two tone color orange dan biru.